Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

Mengelola Keuangan Ala Anak Kos – Mengatur keuangan mempunyai rintangan tertentu untuk anak kost. Pasalnya hidup sebagai anak kost harus dapat penuhi semua keperluan secara berdikari. Telah jadi permasalahan umum bila anak kost kesusahan untuk atur atau mengurus keuangan.

Karenanya anak kost seringkali alami kesusahan keuangan. Itu maknanya sebagai anak kost kamu harus mengurus keuangan secara baik. Bagaimanakah cara mengurus keuangan untuk anak kost? Ini jawabannya.

Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

Buat Daftar Pengeluaran

Hal pertama yang harus kamu kerjakan untuk mengurus keuangan adalah membuat lis pengeluaran di setiap bulannya. Atur pengeluaran dari yang paling penting untuk mempermudah kamu saat mewujudkannya. Dengan langkah ini kamu semakin lebih terukur dan termonitor.

Buat lis pengeluaran bulanan dengan detil dan cermat. Poin utama yang perlu kamu ingat adalah samakan jumlah pengeluaran dengan penghasilan agar tiap keperluan dapat tercukupi.

TRENDING :  Ini Cara Daftar dan Aktifkan Akun Belajar.id

Menabung

Sisihkan beberapa penghasilan bulanan yang kamu peroleh dari orangtua. Distribusikan minimum 20% untuk ditabung. Menabung dianjurkan untuk dilaksanakan karena sebagai anak kost perlu mempunyai dana genting.

Bukan sekedar dana genting untuk mengantisipasi tetapi dana dari tabungan dapat dipakai untuk kemauan yang berada di luar lis pengeluaran fokus.

Bawa Bekal Sendiri

Anak kost harus jadi “serba dapat” terhitung berkaitan untuk makan dan masak. Umumnya anak kost tidak terlatih untuk masak makanan setiap hari.

Walau sebenarnya dengan mengolah sendiri tidak saja terjaga dari sisi kualitas dan kerbersihan tetapi memberikan keuntungan kantong alias tidak kuras anggaran bulanan. Langkah ini tidak ada kelirunya untuk dicoba.

Cuci Pakaian Sendiri

Sekarang ini dengan telah jumlahnya tempat “laundry” baju membuat anak kost makin malas untuk membersihkan baju sendiri. Eit, walau sebenarnya bila kamu ingin membersihkan baju sendiri, ongkos yang dikeluarkan semakin lebih sedikit dibanding harus bayar jasa “laundry” .

TRENDING :  Cara Membangun Tim Bermotivasi Tinggi untuk Kelancaran Bisnis Baru Anda

Maka dengan demikian kamu dapat tekan pengeluaran berlebihan dan membagikannya ke pos lain seperti menabung atau investasi. Tidak boleh boroskan anggaran bulanan untuk hal yang bisa kamu kerjakan sendiri.

Hindari Keinginan Berlebih

Ini jadi poin utama tetapi susah diaplikasikan oleh anak kost. Bila kamu ingin mengurus keuangan secara baik, awali dengan mengatur diri kita. Kesusahan mengatur diri kita sering bikin rugi keadaan keuangan.

Salah satunya permasalahan ada karena kemauan untuk beli barang, jalan keluar yang dapat diaplikasikan di keadaan itu adalah bawa uang cocok saat sedang pergi. Jauhi menarik uang kontan di ATM atau menggesek kartu saat belanja.

Buat Dana Harian

Langkah ini dapat tolong kamu untuk meminimalkan pengeluaran berlebihan. Tidak itu saja, dengan langkah ini kamu dipaksakan untuk batasi pengeluaran. Ini penting untuk diaplikasikan agar tiap keperluan sampai bulan akhir masih tetap tercukupi dan tidak kekurangan uang di tengah-tengah bulan.

TRENDING :  Tips Memulai Usaha Kerajinan Tangan dengan Bermodalkan Kreativitas

Buat daftar keperluan harian berisi jumlah dana yang dibutuhkan dari keperluan dan atur dari yang paling penting. Kamu dapat pakai program di handphone untuk membuat bujet harian agar lebih ringkas dan efektif.

Hindari Kegiatan Tidak Penting

Menjadi anak kost pasti kerap dihinggapi rasa jemu dengan keadaan yang begitu saja. Seringkali anak kost memutuskan untuk kongkow atau jalanan bersama kawan-kawan. Hal tersebut bisa saja dilaksanakan tetapi harus ada batas.

Kemungkinan kamu dapat mengakali dengan tentukan tanggal di setiap bulan untuk lakukan aktivitas yang melipur. Kerjakan tiap keputusan dengan pemikiran yang masak agar keadaan keuangan masih tetap aman dan terbangun.

Inilah Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kos. Terima kasih

You May Also Like

About the Author: administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *