Tips Pondasi Rumah Tahan Gempa

Tips Pondasi Rumah Tahan Gempa dan Konstruksi yang Kokoh

Tips Pondasi Rumah Tahan Gempa – Rumah tahan gempa sekarang ini menjadi satu diantara tempat tinggal yang paling ramai dicari. Ini pasti karena jumlahnya informasi gempa terjadi di beberapa wilayah. Rerata, gempa bumi menerpa beberapa kota di Indonesia dua sampai 3x satu hari.

Walau gempa bumi masih juga dalam rasio kecil, ini perlu dicurigai, terlebih bila Anda tinggal di dekat pantai atau gunung berapi. Rugi material bisa terjadi saat sebuah rumah atau bangunan digoncang gempa.

Saat ini karena ada tehnologi kekinian yang sudah diperkembangkan untuk membuat susunan bangunan tahan gempa, Anda tak perlu cemas. Bangunan dengan konstruksi tahan gempa itu mempunyai karakter yang bisa membuat perlindungan Anda dari beberapa luka, cidera enteng sampai rugi harta benda.

Tips Pondasi Rumah Tahan Gempa dan Konstruksi yang Kokoh

Jika Anda akan membuat fondasi rumah tahan gempa, karena itu beberapa bahan sampai design bangunannya penting diingat. Berikut panduan membuat tempat tinggal kuat anti gempa.

TRENDING :  Tips Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Jenis tanah

Saat ingin membuat rumah, hal pertama kali yang harus dilaksanakan ialah pilih tipe tanah. Tipe tanah dibagi jadi 2 kelompok yakni tanah keras dan lunak atau tanah kurang kuat.

Tanah yang lunak dan keropos terlampau beresiko untuk membuat rumah atau bangunan dan harus dipadatkan lebih dulu. Seharusnya tentukan tipe tanah keras dengan elemen kasar seperti pasir lempung, kerikil berpasir dan tanah terkonsolidasi. Jauhi juga membuat rumah di lereng yang terjal, sebab bisa ditegaskan tanahnya empuk.

Desain Pondasi Khusus Struktural

Saat membuat sebuah bangunan, salah satunya hal paling penting yang perlu jadi perhatian ialah membuat fondasi rumah tahan gempa. Untuk menghindar kerusakan, bisa dibuat alas khusus dengan rangka yang pas untuk salurkan beban bangunan ke tanah. Ada beragam jenis tipe fondasi untuk menyokong susunan penahan beban rumah, satu diantaranya ialah fondasi sepatu lari.

TRENDING :  Tahap-tahap Membeli Rumah KPR

Untuk rumah yang dibuat dengan susunan tahan gempa dan rumah dengan 2 lantai, fondasi sepatu lari dipandang benar-benar bagus. Jumlah lantai yang dibuat dan ketinggian yang diukur sebagai dua factor paling penting dalam tentukan beban fondasi.

Bangunan Simetris

Design bangunan dengan susunan simetris sanggup jaga kesetimbangan bangunan. Design yang lebih kompleks lebih tahan gempa dibanding design simetris simpel dengan wujud normal. Style torsi besar bisa dirasakan oleh bangunan yang dibuat secara asimetris atau sulit sepanjang gempa bumi.

Penggunaan Beton Bertulang

Penting untuk menimbang karakter bahan bangunan yang dipakai dalam konstruksi. Pemakaian baja bertulang dengan beton ialah gabungan bagus dalam pembangunan design rumah tahan gempa. Gabungan ini bukan hanya kuat dan tahan, tapi juga benar-benar fleksibel untuk menahan kerusakan bangunan saat terjadi gempa.

TRENDING :  Ini Cara Daftar dan Aktifkan Akun Belajar.id

Struktur Bangunan Fleksibel

Struktur bangunan yang bagus mempunyai daya bantu dengan style aktif dan cukup fleksibel. Dari fondasi sampai dinding, bangunan yang kurang fleksibel dan kaku kemungkinan akan cepat rengat dan pecah saat terjadi gempa bumi.

Instalasi Utilitas Khusus

Pemilihan pipa harus plastis dan kuat supaya tidak gampang putus dan terbebas dari bocor gas atau air saat terjadi gempa. Tipe utilitas yang seharusnya Anda jauhi yakni bahan logam karena gampang korosif dan tidak kuat guncangan. Benar-benar dianjurkan untuk Anda untuk pilih utilitas dibuat dari plastik.

Struktur Masonry Terbatas

Penggunaan mekanisme dinding kerangka beton bertulang dan dinding berinsulasi sebagai faktor penting dari design rumah tahan gempa. Susunan dinding terbatas memakai bahan bata yang diikat atau diperlengkapi dengan komponen pengikat di ke-4 segi dinding.

Inilah Tips Pondasi Rumah Tahan Gempa dan Konstruksi yang Kokoh, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.