- Datang ke Kantor Kelurahan Langsung
Jika berharap daftar sebagai penerima bansos secara segera, Anda dapat datang ke kantor kelurahan pantas dengan alamat. Anda dapat segera datang ke petugas yang berada di sana, dan katakan keperluan Anda untuk daftar bansos.
- Serahkan Dokumen yang Kau
Nanti, Anda akan dipinta untuk menyerahkan dokumen pendaftaran, merupakan KTP dan Kartu Keluarga. Setelahnya petugas akan melaksanakan pendataan yang verifikasi ulang. Segala dapat menunggu pelaksanaannya hingga pendataan dan verifikasi selesai.
Ingat, jikalau Anda sudah mendapatkan program bantuan sosial lainnya, karenanya tak boleh meregistrasikan diri sebagai penerima Bansos PKH. Bantuan sosial lainnya tersebut semisal BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, Sembako dan Kartu Pra Setelah.
Pendaftar yang terbukti PNS, Polri maupun TNI juga akan otomatis ditolak ketika meregistrasikan diri. Metode tipe program bantuan sosial dari pemerintah memang tak diperuntukkan untuk PNS, Polri dan TNI.
- Validasi
Melewati data Anda diverifikasi oleh petugas, mereka akan memvalidasi apakah data tersebut sudah benar dan komplit. Nantinya, jikalau data Anda dinyatakan valid, karenanya akan mendapatkan KKS, merupakan Kartu Keluarga Sejahtera.
KKS tersebut nantinya akan menjadi alat transaksi yang digunakan pantas dengan petunjuk dari Kemensos. Selama ini, bantuan sosial disalurkan terhadap penerima yang mempunyai hak melewati Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) seperti BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN.
Tips Daftar Bansos di Aplikasi Cek Bansos Kemensos
Selain sistem di atas, Anda juga dapat daftar online melewati aplikasi Cek Bansos. Apa sih hakekatnya aplikasi ini? Jadi, aplikasi Cek Bansos merupakan aplikasi ciptaan Kemensos untuk memudahkan masyarakat mendaftar dan cek bantuan sosial dari Kemensos.