Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos 2022 dan Cara Menggunakannya

Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos 2022 dan Cara Menggunakannya

Indopedia.co.id – Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos, Anda sudah meregistrasikan diri sebagai penerima bantuan sosial Kemensos dan berharap mengecek akibatnya? Anda dapat melakukannya dengan gampang, dapat melewati aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id. Selain melewati aplikasi, Anda dapat cek melewati website khusus cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah Indonesia memang tak akan menghentikan bantuan sosial terhadap mereka yang membutuhkan, entah karena efek pandemi maupun mereka yang miskin secara struktural. Berikut akan kamu sajikan sistem daftar maupun cek bansos melewati aplikasi dan website cek bansos Kemensos.

Sejarah Singkat Bansos PKH Kemensos

Sebelum kita bahas mengenai aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id, betapa lebih baik jikalau Anda tahu sejarah tentang PKH. Kita mungkin sudah tahu awal mula bansos Covid-19, yang timbul imbas pandemi Covid-19 di akhir 2019 lalu.

TRENDING :  Twibbon Marhaban Ya Ramadhan 1443 H / 2022 M

Terus, bagaimana dengan PKH? Kapan pertama kali program bantuan Kemensos ini ada? Jadi, Bansos PKH sudah ada semenjak tahun 2007 lalu. Jika di dunia internasional, PKH juga dapat disebut sebagai Conditional Cash Transfer.

Program ini terbukti dapat menanggulangi malahan menuntaskan kemiskinan yang terjadi di pelbagai negara. Di negara maju, kemiskinan mungkin masih sering terjadi, padahal jumlahnya menurun signifikan. Namun, di negara berkembang, kemiskinan masih ada di mana-mana.

Nah, salah satu dari tujuan Bansos PKH, terutama di Indonesia, merupakan untuk menuntaskan masalah tersebut. Setidaknya, dengan bantuan ini, masyarakat miskin dan rentan dapat mengakses pelbagai keperluan hidup mereka dengan pantas.

TRENDING :  PGN Buka Lowongan Kerja Besar-besaran, Ini Cara Daftarnya

Dengan Bansos PKH, masyarakat miskin dan rentan dapat mengakses nutrisi, pendidikan, kesehatan, pangan, perawatan hingga pendampingan. Program ini juga memberikan mereka jalan masuk terhadap program perlindungan sosial lainnya.

Jika Bansos PKH pas sasaran, karenanya akan sangat menolong mereka yang benar-benar membutuhkan. Namun, data penerima manfaat yang dimiliki Kemensos sudah lebih baik diperbandingkan sebelumnya. Pun, sudah ada masukan sanggah, membikin masyarakat dapat protes jikalau ada data yang tak pantas.

Misi Utama Bansos PKH Kemensos

Tentu Anda sudah tahu apa misi utama dari Bansos PKH, merupakan untuk mengentaskan dan menurunkan tingkat kemiskinan yang ada di Indonesia. Pada tahun 2016, ada sekitar 28,01 juta jiwa yang berada di bawah kemiskinan.

TRENDING :  Filosofi dan Arti Desain Label Logo Halal Baru, Berlaku Mulai Maret 2022

Berdasarkan data di atas, Pemerintah Indonesia menentukan sasaran untuk menurunkan tingkat kemiskinan hingga 7% atau 8%. Nah, salah satu caranya merupakan dengan mengembangkan program PKH yang pas sasaran, sehingga kemiskinan dan kesenjangan di Indonesia berkurang.

Keluarga penerima manfaat PKH semestinya sudah terdaftar di fasilitas pendidikan dan kesehatan terdekat. Mereka semestinya memeriksa kandungan, memberikan imunisasi dan nutrisi yang baik untuk balita maupun anak prasekolah.

Tak hanya pada bidang kesehatan, penerima Bansos PKH juga memiliki kewajiban pada bidang pendidikan. Maksudnya, mereka semestinya memasukkan anak-anak ke satuan pendidikan pantas dengan usia si anak.

Siapa Saja yang Memiliki Mendapatkan Bansos PKH di Kemensos?

7 comments

  1. Ko saya ga dpt bantuan apa ia

  2. Tolong dealkan daftar bansos ku ini

  3. Mudah2an aku dapat karna aku gak pernahdapat yg namanya bantuan..cuma listri aja sekarang sudah gak lagi

  4. Saya dari pertama bantuan bansos tak pernah dapat

  5. Siska CARSELIN WELMINCE YEUN

    Saya belum dapat bantuan sosial.

  6. Saya dr awal nggk pernah dpt bansos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.