Jelaskan faktor internal yang mempengaruhi pergerakan nasional?

Selama masa pemerintahan kolonialisme, rakyat Indonesia mengalami penderitaan yang amat mendalam. Seiring berjalannya waktu mulai muncul rasa kebangsaan Indonesia berasal dari keinginan kuat rakyat indonesia untuk merdeka dan berdaulat. Sejak abad 19 dan 20 mulai muncul benih benih rasa kebangsaan atau nasionalisme bagi bangsa bangsa di Asia dan Afrika, khususnya Indonesia.

Pada awalnya, sifat perjuangan masih bersifat kedaerahan sehingga mengalami kegagalan. Pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah wadah perjuangan yang dikenal dengan Budi Utomo. Lahirnya organisasi tersebut menandai lahirnya masa pergerakan nasional. Adapun laju pergerakan nasional disebabkan oleh faktor dari dalam maupun dari luar. Jelaskan faktor internal yang mempengaruhi pergerakan nasional?

Jawaban

Jawabannya yaitu bahwa faktor internal berasal dari hati dan sanubari rakyat Indonesia itu sendiri dalam usaha membebaskan diri dari belenggu kolonialisme yang dilakukan oleh para penjajah. Beberapa contohnya seperti Adanya tekanan dan penderitaan yang terus-menerus akibat penjajahan, adanya rasa kesadaran nasional dan harga diri bangsa, serta rasa senasib-sepenanggungan yang dirasakan bersama sehingga timbul semangat bersatu membentuk negara.

TRENDING :  Setelah Windows 11, Microsoft sedang mempersiapkan peluncuran Windows 10 21H2

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Boedi Oetomo merupakan sebuah organisasi pelajar yang didirikan oleh dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA. Organisasi ini didirikan di Jakarta pada 20 Mei 1908. Namun organisasi Boedi Oetomo bukan bersifat politik, melainkan hanya bersifat sosial, ekonomi, kebudayaan, dan pendidikan.

Faktor internal berasal dari hati dan sanubari rakyat Indonesia itu sendiri dalam usaha membebaskan diri dari belenggu kolonialisme yang dilakukan oleh para penjajah. Beberapa contohnya seperti Adanya tekanan dan penderitaan yang terus-menerus akibat penjajahan, adanya rasa kesadaran nasional dan harga diri bangsa, serta rasa senasib-sepenanggungan yang dirasakan bersama sehingga timbul semangat bersatu membentuk negara.

Faktor dari luar negeri pengaruhnya tidak sekuat faktor dalam negeri. Namun, meski begitu tetap saja terdapat hal-hal yang mendukung munculnya pergerakan nasional. Beberapa di antaranya seperti kebijakan Politik Etis yang membuat anak-anak bumiputera mengenyam pendidikan, munculnya paham liberalisme dan hak asasi manusia pascakemerdekaan Amerika dan Revolusi Prancis, kemenangan Jepang atas Rusia di tahun 1905 yang membangkitkan rasa percaya diri bangsa Asia-Afrika untuk lepas dari penjajahan bangsa Barat, dan masih banyak lagi.

TRENDING :  Suka membantu orang lain merupakan pengalaman Pancasila sila ke

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah faktor internal berasal dari hati dan sanubari rakyat Indonesia itu sendiri dalam usaha membebaskan diri dari belenggu kolonialisme yang dilakukan oleh para penjajah.

Beberapa contohnya seperti Adanya tekanan dan penderitaan yang terus-menerus akibat penjajahan, adanya rasa kesadaran nasional dan harga diri bangsa, serta rasa senasib-sepenanggungan yang dirasakan bersama sehingga timbul semangat bersatu membentuk negara.

 

Pertanyaan Lain :

TRENDING :  pada masa zaman logam hasil kebudayaannya berupa

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.