jawab soal pelajaran

Bagaimana cara berkembang biak katak ?

Bagaimana cara berkembang biak katak ?

Jawaban

Cara berkembang biak katak adalah dengan bertelur (ovipar) dengan pembuahan di luar tubuh (pembuahan eksternal).

Katak juga mengalami metamorfosis dengan fase berudu (kecebong) setelah menetas dan kemudian berubah menjadi katak dewasa dengan tumbuhnya kaki, terbentuknya organ paru-paru dan hilangnya insang.

Pembahasan:

Katak adalah makhluk hidup dari jenis Amphibia. Katak mengalami perubahan bentuk dalam perkembangannya, atau yang disebut dengan metamorfosis.

Dalam berkembang biak, katak menggunakan pembuahan eksternal. Katak betina akan mengeluarkan kumpulan telur di dalam air. Lalu kayak jantan akan mengeluarkan sperma di air untuk membuahi telur-telur ini.

TRENDING :  Bentuk kedaulatan negara Indonesia secara implisit tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Kalimat pada alinea ketiga Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

Telur yang dibuahi akan berkembang di dalam air hingga menetas, dan tidak di dalam tubuh betina. Setelah katak menetas dari telur, katak akan menjadi larva yang disebut dengan berudu atau kecebong.

Kecebong berbentuk mirip seperti ikan, awalnya tidak memiliki kaki dan hidup berenang di air. Kecebong bernafas menggunakan insang, yang menyaring dan menyerap oksigen di air.

Setelah berkembang, kecebong menumbuhkan organ-organ dewasa, seperti kaki dan paru-paru. Seiring pertumbuhan ini, insang mulai hilang.

Pada katak dewasa, paru-paru mendapatkan udara saat udara masuk melalui hidung ketika tenggorokan katak mengembang. Berbeda dengan manusia, katak tidak memiliki otot diafragma dan tulang rusuk, sehingga cara memasukkan udara ke paru-paru berbeda dengan manusia pula.

TRENDING :  Untuk meningkatkan daya saing produk pemerintah Indonesia menjual tempe dengan harga yang lebih murah di Amerika hal ini merupakan kebijakan dari ..

 

Pertanyaan Lain :

TRENDING :  Tumbuhan Hijau Tergolong autotrof karena..

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *