jawab soal pelajaran

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kalor!

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kalor!

Jawaban

Kalor atau panas adalah bentuk energi yang dapat berpindah dari benda bersuhu tinggi (panas ) ke benda bersuhu rendah (dingin).

Pembahasan:

Panas, atau Kalor, adalah bentuk energi. Panas adalah energi dan diukur dalam satuan Joule atau Kalori. Nilai 1 kalori adalah setara 4,2 Joule. Satuan kalori setara jumlah energi untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1 ° C.

TRENDING :  Sebutkan klasifikasi jamur,ciri khasnya dan cara reproduksi generatif

Karena kalor merupakan bentuk energi, maka kalor dapat berubah menjadi energi lain atau dihasilkan dari energi lain.

Misalnya dalam kompor gas, kalor dihasilkan dari energi kimia pada gas elpiji. Sementara pada mesin uap, energi kalor berubah menjadi energi gerak.

Semakin tinggi jumlah energi kalor atau panas suatu benda maka semakin tinggi suhu benda itu. Suhu adalah ukuran tingkat atau derajan panas pada benda. Suhu menunjukkan tingkat banyaknya energi kalor yang ada di dalam benda. Alat untuk mengukur suhu adalah termometer.

TRENDING :  makna pancasila sila ke 1-5

Energi panas dapat berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi (panas) ke tempat yang bersuhu lebih rendah (dingin). Perpindahan panas terjadi hingga terjadi kesetimbangan suhu antara kedua benda.

Panas bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan tiga cara: Konduksi (perpindahan panas melalui medium bersentuhan), Konveksi (perpindahan panas seiring aliran medium) dan Radiasi (perpindahan panas melalui radiasi gelombang elektromagnetik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *