jawab soal pelajaran

Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah?

Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah?

Jawaban

Bung Hatta dikatakan sebagai pelaku dan saksi sejarah karena Bung Hatta merupakan salah satu tokoh yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam peristiwa-peristiwa sejarah di Indonesia. Oleh sebab itu, Bung Hatta berperan penting bagi sejarah Indonesia.

Pembahasan

Sejarah mempunyai peranan penting dalam suatu kehidupan, khususnya bagi perkembangan suatu negara. Manusia akan terus menerus bergerak maju diikuti dengan track sejarah dibelakangnya. Peristiwa sejarah akan melibatkan berbagai individu sebagai pelaku atau saksi dari peristiwa tersebut. Peristiwa dikatakan sebagai sejarah jika peristiwa tersebut mengandung berbagai unsur penting, beberapa diantaranya adalah adanya pelaku dan saksi sejarah yang terlibat di dalamnya.

Pelaku sejarah merupakan individu yang terlibat secara langsung ke dalam suatu peristiwa yang dianggap mempunyai makna sejarah. Di sisi lain, saksi sejarah merupakan individu yang tidak terlibat secara langsung ke dalam suatu peristiwa yang dianggap mempunyai makna sejarah, akan tetapi masih andil dalam peristiwa atau sejarah tersebut.

TRENDING :  Salah satu teori baru mengenai masuknya Islam ke Indonesia adalah teori Cina yang dikemukakan Sumanto al-Qurtuby. Salah satu bukti yang memperkuat teori Cina adalah

Bung Hatta dikatakan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah karena Bung Hatta terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam peristiwa tersebut. Sebagai contoh, penyusunan teks proklamasi dilakukan oleh Bung Hatta dengan tokoh-tokoh lain. Dalam hal itu, Bung Hatta berada di waktu, tempat, dan kondisi secara langsung dalam peristiwa tersebut sehingga beliau dikatakan sebagai pelaku sejarah.

Sedangkan, Bung Hatta dikatakan sebagai saksi sejarah karena beliau tidak terlibat secara langsung dalam peristiwa tersebut. Sebagai contoh, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan. Pada saat itu, pembacaan teks dilakukan oleh Bung Karno, akan tetapi Bung Hatta masih turut andil dalam peristiwa tersebut. Dalam hal itu, Bung Hatta berada di waktu, tempat, dan kondisi yang sama dengan Bung Karno, akan tetapi Bung Hatta tidak membacakan teks tersebut.

TRENDING :  Sebutkan tiga cara membuat magnet !

Bila ditarik kesimpulan dalam contoh pembacaan teks proklamasi tersebut, Bung Karno sebagai pembaca teks merupakan pelaku sejarah, sedangkan Bung Hatta sebagai pendamping Bung Karno merupakan saksi sejarah.

Selain itu, peristiwa yang diceritakan oleh pelaku sejarah terhadap individu yang ditunjuk juga dikatakan sebagai saksi sejarah. Misalnya, anak dari Bung Hatta merupakan saksi sejarah jika Bung Hatta menceritakan sejarah yang telah dilaluinya.

Pelaku dan saksi sejarah mempunyai peranan penting dalam peristiwa-peristiwa yang mempunyai nilai sejarah. Dalam bidang keilmuan, khususnya ilmu sejarah, pelaku dan saksi sejarah dapat digunakan sebagai sumber primer untuk penulisan sejarah. Sumber dari pelaku dan saksi sejarah dapat dijadikan sebagai acuan untuk memberikan gambaran yang akurat terhadap rekontruksi peristiwa sejarah yang diteliti.

 

Pertanyaan Lain :

TRENDING :  prinsip prinsip dalam hierarki peraturan perundang-undangan?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.